HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMBUKA USAHA (PEMASARAN)


“MENJUAL”, ADALAH KEGIATAN DASAR WIRAUSAHA

( Jika wirausaha tdk berhasil menjual produknya,
   maka kegiatan usahanya akan mengalami kegagalan

1. PROFESI PENJUALà- mrpk keahlian yang tidak mungkin
                                           digantikan oleh mesin
                                          - vending machine (mesin penjual otomatis)
                                          
àdengan memasukkan koin ke dalam
                                           mesin
à keluar barang (minuman botol, dll)
- Penjual profesional say: “what can I do for my prospects and
                                         customers ?”

          Ciri-ciri: 1. Memiliki kemampuan menjual yang memuaskan
                       2. Bangga memilih pekerjaan menjual
                       3. Memiliki standar etika yang tinggi
                       4. Terampil dalam pekerjaannya
                       5. Memiliki pengetahuan
                       6. Benar bila berjanji
                       7. Tidak ketinggalan zaman karena selalu belajar
                       8. Memelihara keutuhan pribadi dan kemerdekaannya
                       9. Mengetahui bahwa pekerjaan menjual artinya
                          melayani
Seni menjual ð keberhasilan tersebut tidak ditentukan oleh bakat saja,
                          tetapi juga oleh segala daya upaya pikirannya yang
                          mendorong ke arah keberhasilan

2. OBJEK ILMU MENJUAL
          a. Diri penjual à seorang penjual harus tahu keadaan fisik,
             pendengaran, pengelihatan, dll
          b. Barang yang akan dijual à penjual mengetahui sifat dan guna
             barang yang akan dijualnya
          c. Keadaan pembeli/pelanggan à mereka harus mendapat
             pelayanan yang baik, menyenangkan, memuaskan (THE
             CUSTOMER IS KING)

3. CARA MENEMUI & MEMPENGARUHI PEMBELI à Penting!!

          a. Datang sendiri dengan memperkenalkan diri, kemukakan
             maksud kedatangan
à beri kartu nama: profesi, alamat
          b. Dengan perantara orang lain à dg pertolongan teman, untuk
             menghilangkan rasa kaku dengan pembeli 
          c. Dengan perantara surat à beritahu kedatangan kita untuk
             menyampaikan order barang
          d. Dengan perantara telepon à sopan, bahasa seolah-olah lawan
             bicara di depan kita
à tidak lama-lama
          e. Melalui organisasi/perkumpulan à PKK, club, dll

4. CARA MENGHADAPI PEMBELI à
          a. Menciptakan suasana menyenangkan à usahakan
             bersahabat, besarkan hati konsumen, permudah pembeli
             dalam memutuskan
          b. Mengadakan pendekatan terhadap pembeli à beri salam,
             menunggu sejenak, tanya pembeli cari apa?
          c. Pendekatan dagang à katakan barang yang dipilihnya baru
             tiba, bagus, dll
          d. Dengan menaruh perhatian à apabila menghadapi lebih dari
             satu pembeli

5. SIFAT PENJUAL YANG DISENANGI PEMBELI
          a. Jujur dalam informasi
          b. Pengetahuan baik tentang barang
          c. Tahu kebutuhan konsumen
          d. Pribadi menarik




6. TIPE PEMBELI
          a. The decided customers à mereka telah memutuskan apa
             yang akan dibeli, penjual harus cepat melayani
          b. The know it all customers à pembeli yang tahu segalanya à
             berikan dia keterangan yang benar agar bisa merubah sikap
             langganan tersebut
          c. The deliberate customers à langganan yang menghendaki
             fakta-fakta
à langganan ini banyak mengambil waktu untuk
             mempertimbangkan setiap pembeliannya
          d. The talkactive customers à langganan senang ngobrol, tidak
             megarah kepada pembelian
à jika pembelian sudah terjadi
             segera bungkus barang-barangnya
          e. The undecided customers à langganan ini tidak dapat
             memutuskan barang yang akan dibelinya
à penjual harus
             arahkan dan bantu ambil keputusan
          f. The silent timid customers à customer ini merasa canggung
             dan takut dalam kekurangan pengetahuan tentang barang
          g. The decided but mistaken customers à langganan ini
             mendatangi toko dengan keputusan dalam pikirannya untuk
             membeli barang tertentu, tetapi menurut penjual pilihannya
             tidak sesuai
          h. The I get discount customers à customers yang selalu
             menghendaki discount

F Mengatasi keberatan pembeli à penjual harus benar-benar
    mengenal barang yang dijualnya, memperkecil kekurangan-
    kekurangan barang dagangannya, tunjukkan kelebihan-kelebihannya
    dengan bukti
à TIDAK BOHONG
-      Demonstrasi merupakan salah satu cara paling efektif untuk meyakinkan pembeli

7. PENYEBAB KEGAGALAN & KEBERHASILAN BISNIS
          1. Manajerial Incompetence à pimpinan perusahaan tidak
             kompeten
          2. Lack of Experience à kurang pengalaman
          3. Poor Financial Control à 3 masalah yang menyebabkan
             masalah keuangan, yaitu:
                   a. Kekurangan modal kerja
                   b. Kebijaksanaan mengkredit pada pembeli
                   c. Terlalu banyak uang diberikan ke peralatan kantor (fix
                      assets)
          4. Failure to plan àkegagalan membuat rencana masa depan
          5. Inappropriate location à gagal memilih lokasi sesuai dengan            
             bisnis yang dilakukan
          6. Lack of inventory control
à kurang pengawasan pada
             persediaan barang
          7. Improper attitudes à manajer belum siap kerja keras,
             berkorban
          8. Inability to make the entrepreneurial transition à setelah
             perusahaan maju, manajer tidak bisa mendelegasikan
             pekerjaannya kepada orang lain

8. KUNCI SUKSES MEMBUKA BISNIS BARU

          - Putuskan bergerak dalam komoditi apa, jenis usaha
           perdagangan atau industri
          - Putuskan apakah anda akan berkongsi atau sendirian
          - Analisa bagaimana prospek lokasi dan lingkungan bisnis anda
          - Apakah anda akan memulai murni usaha baru atau membeli
           usaha yang sudah ada, atau Franchise
          - Buat planning walaupun dalam bentuk sederhana
          - Apakah anda akan memasarkan barang dan jasa secara umum
           atau mencari celah yang belum terisi oleh bisnis yang sudah ada
          - Bagaimana mencari pegawai, atau tenaga yang dapat
           diandalkan sebagai tangan kanan.

PERENCANAAN USAHA


JENIS USAHA                                              : ………………………………………..
TARGET KONSUMEN                                : ………………………………………..
PERKIRAAN MODAL                                : ………………………………………..
PERKIRAAN PENDAPATAN / BLN         : ………………………………………..

TULISKAN 10 LANGKAH PERTAMA YANG HARUS DILAKUKAN DALAM MELAKUKAN PERSIAPAN USAHA.

Comments

Popular posts from this blog

KANDUNGAN NUTRISI BAHAN PAKAN UNGGAS

PROSES PEMBUATAN SUSU KENTAL MANIS

BIOSECURITY DAN LAYOUT KANDANG