CONTOH BUSINESS PLAN (PERENCANAAN USAHA)


Berikut disajikan business plan pendirian sebuah warnet disertai dengan analisis SWOT-nya.
1.1              LATAR BELAKANG
Maraknya kebutuhan masyarakat luas terhadap akses internet sejak tahun 2000 memberikan suasana lain dalam dunia bisnis. Namun pada perkembangannya, kebutuhan akan akses internet ini sering kali tidak memperhatikan kepuasan konsumen yang ada. Ini adalah fakta yang tidak bisa dipungkiri.
Meskipun akses yang cepat dan stabil menjadi andalan, ternyata hal itu tidaklah cukup untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Bagi warga Banjarmasin, akses internet yang cepat dan stabil haruslah juga diimbangi dengan kondisi suasana yang baik agar pelanggan merasa nyaman dan betah berlama-lama di tempat. Pada kenyataannya, warnet yang ada di Banjarmasin pun masih dianggap belum bisa menjawab keinginan konsumen yang seperti itu. Padahal bukan tidak mungkin konsumen akan lebih cenderung memilih warnet yang menyediakan kenyamanan yang lebih dari sekedar berinternet. Oleh karena itu kehadiran warnet Genenis diharapkan akan memberi pilihan tersendiri bagi pengguna akses internet yang ada di kota Banjarmasin.
1.2             FASILITAS DAN LAYANAN
Adapun fasilitas yang ingin ditawarkan oleh warnet Genenis adalah sebagai berikut:
1.    Akses internet yang cenderung stabil dan cepat
Akses internet yang stabil dan cepat ini dapat diperoleh dengan cara menyewa 2 (buah) akun provider. Akun pertama digunakan untuk mengakses internet agar lebih cepat, sedangkan akun yang kedua digunakan sebagai backup dan juga untuk kebutuhan download.
Untuk kebutuhan internet, konsumen bisa memilih antara menggunakan clientbooth atau menggunakan fasilitas wi-fi. Clientbooth ini maksudnya adalah  menggunakan komputer warnet untuk mengakses internet, sedangkan pada fasilitas wi-fi, akses internet dilakukan melalui laptop atau notebook yang dibawa sendiri oleh konsumen.
Untuk menjaga kenyamanan akses internet konsumen, setiap clientbooth dan account wi-fi diberikan kuota bandwith yang sama. Hal ini ditujukan agar tidak ada pengguna yang dengan seenaknya menggunakan bandwith berlebihan untuk men-download sehingga mengganggu kualitas akses pengguna yang lain. Namun pada waktu kosong konsumen, bisa saja kuota ini dibuka sehingga konsumen yang ada akan mendapat bandwith yang lebih baik lagi dibandingkan waktu ketika konsumen sedang banyak.
Harga yang diberikan bagi pengguna clientbooth adalah Rp 3,000 per jam untuk setiap waktu, sedangkan paket hemat yang diberikan adalah      Rp 8,000 untuk 4 jam pemakaian atau Rp 6,000 untuk pemakaian 3 jam. Paket hemat ini berlaku dari jam 00.00 hingga jam 06.00. Harga yang ditawarkan ini terhitung lebih murah dibandingkan warnet lain yang cenderung memasang tarif lebih mahal yaitu sekitar   Rp 8,000 hingga Rp 9,500 dengan kualitas kenyamanan seadanya.
2.   Kebutuhan akses data yang diberikan adalah layanan transfer data yang diberikan secara gratis melalui Bluetooth, flashdisk, scanner, dan CD/DVD.
3.   Fasilitas umum yang memadai seperti AC, TV dengan akses indovision, WC, mushola, dan tempat parkir gratis baik untuk pengguna sepeda motor, sepeda, maupun mobil. Fasilitas kebutuhan makanan dan minuman tersedia terpisah dari usaha warnet, dan konsumen diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar maupun membawa sendiri untuk dinikmati selama menggunakan jasa warnet.
1.3             SEGMENTASI (SEGMENTING)
Segmen pasar yang ada di Banjarmasin, adalah mulai dari pelanggan dengan tingkat perekonomian lemah, menengah, dan berlebih. Terdapat pengguna internet yang cenderung memilih berlangganan internet di rumah, memanfaatkan fasilitas wi-fi gratis di mal-mal, atau tempat gaul lainnya, berani membayar hanya untuk fasilitas internet namun dengan harga yang murah sekali, dan juga terdapat pelanggan yang berani membayar lebih untuk lebih dari sekedar berinternet
Segmentasi utama yang akan dilakukan oleh warnet Genesis adalah para mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum. Lebih lanjutnya segmentasi dilakukan terhadap konsumen kaum muda yang cenderung menyukai tempat dengan fasilitas nyaman dan betah berlama-lama di tempat seperti halnya mereka pergi ke kafe, foodcourt di mal-mal, maupun tempat gaul lainnya. Oleh karena itu desain interior dan desain clientbooth akan menjadi perhatian utama untuk menjawab keinginan konsumen dengan segmen seperti ini.
1.4             TARGETING
Targeting utama yang akan dipilih oleh warnet Genesis adalah pelanggan yang memiliki berlatar belakang pendidikan mulai dari SMU, kuliah, hingga pekerja umum yang memiliki kebutuhan internet setiap saat dan cenderung konsumtif. Pelanggan yang dipilihnya adalah pelanggan yang mengutamakan kenyamanan dan suasana yang bernuansa kafe. Oleh karena itu, pemilihan lokasi warnet direncanakan berada dekat dengan kampus.
1.5             POSITIONING
Positioning yang akan dilakukan warnet Genenis adalah menetapkan diri sebagai satu-satunya warnet yang memiliki suasana senyaman di kafe dalam berinternet.
2.1             ANALISIS INTERNAL
2.1.1      KEKUATAN (STRENGTHS)
Kekuatan yang ingin diusung warnet Genesis adalah sebuah konsep yang mementingkan value added yang diterima konsumen sehingga pelanggan yang datang akan merasa lebih puas dengan pelayanan yang diberikan warnet Genesis dari pada hanya sekedar berinternet saja. Lokasi warnet mudah dijangkau dan berada di tempat strategis.
Untuk kebutuhan berinternet, warnet Genesis akan menggunakan spesifikasi komputer yang lebih dari pada warnet yang lain, yaitu:
1.       Genuine OS,
2.      PC yang berbasis teknologi INTEL dan memory RAM yang lebih dari cukup untuk kebutuhan berinternet,
3.      keyboard dan mouse Logitec yang friendly user dan multimedia,
4.      LCD LG 19” wide,
5.      tersedia fasilitas webcam, port USB, CD/DVD drive dan headset.
Sedangkan kebutuhan akses internet rencananya akan didukung dengan 2 buah account provider, yaitu:
1.       Speedy, dan
2.      FastNet
sehingga pemakaian internet di warnet Genesis akan cenderung stabil dan relatif cepat. Speedy digunakan untuk mengakses internet dengan lebih cepat sedangkan FastNet digunakan sebagai backup dan juga digunakan untuk kebutuhan download.
Harga penggunaan clientbooth yang ditawarkan warnet Genesis relatif murah, yaitu:
1.       Satu harga flat sepanjang hari yaitu Rp 5.000 / jam
2.      Paket hemat mulai jam 00.00 hingga 06.00 WIB. Paket tersebut terbagi menjadi:
a.      Rp 8.000 untuk 4 jam pemakaian, dan
b.      Rp 6.000 untuk pemakaian 3 jam
sedangkan harga yang ditawarkan untuk penggunaan account wi-fi adalah:
1.       Rp 10.000 untuk pemakaian selama 7 jam,
2.      Rp 25.000 untuk pemakaian selama 20 jam,
3.      Rp 50.000 untuk pemakaian selama 50 jam, dan       
4.       Rp 100.000 untuk pemakaian tidak terbatas waktu kuota yang diberikan.
*  Semua paket harga wi-fi ini berlaku selama 1 bulan terhitung pembelian dan pengaktifan account wi-fi.
Kebutuhan berinternet ini terbagi menjadi dua jenis yaitu:
1.       clientbooth
2.      wi-fi
Secara umum fasilitas kebutuhan data juga melayani transfer data melalui Bluetooth, CD/DVD, scanning, dan printing. Fasilitas umum yang diberikan adalah:
1.       Tempat parkir gratis,
2.      WC,
3.      Mushola,
4.      AC,
5.      TV dengan akses indovision,
6.      Smoking area dan no smoking area dengan waktu terpisah,
7.      Privasi berinternet yang terjaga dengan keberadaan boothclient yang tinggi sekatnya adalah 1 meter.
                        KELEMAHAN (WEAKNESS)
Adapun kelemahan yang bisa disimpulkan antara lain  adalah:
1.       Terbatasnya ruang parkir gratis. Hal ini tidak dapat ditanggulangi kecuali dengan memperluas lahan parkir dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit,
2.      Terbatasnya jumlah meja dan kursi pada ruang tunggu. Jika pengguna datang dalam jumlah yang banyak dan bersamaaan, maka ruang gerak akan menjadi semakin sempit,
3.      Karena keterbatasan tempat, warnet Genesis tidak dapat menyediakan tempat penitipan sepatu khusus maupun rak sepatu yang dikunci.





                        MATRIK SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Treat)
Seluruh indikator kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada bisnis warnet Genesis dapat disusun dalam bentuk matrik SWOT seperti terlihat pada tabel di bawah.
Tabel Matriks SWOT Penentuan Kebijakan Pengembangan
Bisnis Warnet Genesis




                        ANALISIS EKSTERNAL
                        PELUANG (OPPORTUNITY)
Memasyarakatnya penggunaan internet membuat permintaan terhadap akses internet semakin tinggi. Hal ini membuat peluang bisnis di bidang internet semakin luas di samping tawaran menggiurkan dari penyedia layanan account internet. Aturan dan perangkat hukum yang mendukung layanan internet pun semakin baik, karenanya hal ini menjadi peluang yang sangat baik bagi kelangsungan usaha internet. Saat ini penyedia kebutuhan laptop memasang harga yang relatif murah dan desain yang beragam dan dilengkapi wi-fi. Oleh karena itu kebutuhan akan fasilitas account wi-fi akan semakin meningkat. Dari perspektif bisnis, hal ini bisa menjadi peluang yang baik daripada menyikapinya sebagai ancaman terhadap bisnis warnet.
                        ANCAMAN (THREAT)
Ancaman yang akan muncul terhadap bisnis warnet adalah:
1.       Semakin murah dan beragamnya paket layanan internet mobile dari vendor selular,
2.      Semakin maraknya tempat nongkrong di Banjarmasin yang menyediakan fasilitas wi-fi,
3.      Banyaknya lahan usaha lain membuat pasar bisnis internet menjadi terbuka bagi pihak lain untuk memasuki bisnis yang serupa dengan tingkat kualitas layanan yang sama bahkan lebih baik,
4.      Ramainya bisnis internet membuat maraknya kejahatan warnet semakin menjadi. Hal ini menjadi faktor yang paling perlu untuk diwaspadai.
                        PRIORITAS (PRIORITY)
1.       Meningkatkan kualitas layanan dengan cara segera mengganti fasilitas apabila ada yang rusak, hal ini menjadi prioritas utama karena layanan konsumen merupakan hal yang secara langsung dirasakan oleh konsumen dibandingkan dengan faktor-faktor lainnya, dan lebih jauhnya akan mempengaruhi persepsi citra konsumen terhadap warnet Genesis.
2.      Memperkuat pengawasan keamanan warnet dengan cara menambah jumlah OB dan atau dengan menggunakan CCTV, hal ini diperlukan karena keamanan merupakan faktor lanjutan dari faktor kenyamanan. Konsumen tidak akan merasa nyaman jika keamanan tidak diperhatikan atau diabaikan.
3.      Melakukan promosi yang gencar guna lebih menyosialisasikan keberadaan warnet Genesis dengan tingkat kenyamanan, layanan, dan kelas yang berbeda dari warnet lainnya.
4.      Memperluas tempat usaha, berekspansi, atau membuka cabang baru guna menampung konsumen lebih banyak lagi.
KESIMPULAN
Kesimpulan dari hasil analisis di atas adalah sebagai berikut:
1.       Meningkatkan kualitas layanan sebaik mungkin,
2.      Melakukan promosi bahwa harga dan kualitas akses internet di Genesis lebih baik dari pada tempat nongkrong yang lain, hal ini perlu dilakukan untuk menyosialisasikan lebih luas mengenai keberadaan warnet Genesis,
3.      Memperkuat permodalan agar dapat memfasilitasi kebutuhan maintenance,
4.      Memperkuat pengawasan keamanan warnet dengan cara menambah jumlah OB dan atau dengan menggunakan CCTV,
5.      Memperluas daya tampung konsumen dengan melakukan ekspansi warnet.

Comments

Popular posts from this blog

KANDUNGAN NUTRISI BAHAN PAKAN UNGGAS

PROSES PEMBUATAN SUSU KENTAL MANIS

PENGOLAHAN HASIL IKUTAN TERNAK