SISTEM KANDANG POSTAL


I.                   PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Kandang berfungsi untuk melindungi ternak ayam dari pengaruh buruk iklim, seperti hujan, panas matahari, atau gangguan-gangguan lainnya. Kandang yang nyaman dan memenuhi syarat-syarat perkandangan akan memberikan dampak positif karena ternak menjadi tenang dan tidak stres. Selanjutnya, ternak akan memberikan imbalan produksi yang lebih baik bagi peternak pemelihara. Secara makro, kandang berfungsi sebagai tempat tinggal bagi unggas agar terlindung dari pengaruh-pengaruh buruk iklim (hujan, panas, dan angin) serta gangguan lainnya (hewan liar atau buas dan pencurian). Secara mikro, kandang berfungsi menyediakan lingkungan yang nyaman agar ternak terhindar dari cekaman.
Kandang yang digunakan untuk pemeliharaan ayam terdiri atas beberapa macam, diantaranya kandang postal, postal tingkat, closed housed, dan kandangbattery. Berdasarkan tipe atapnya terdiri atas kandang dengan tipe atap single monitor,double monitor, dan gable.
Kandang yang baik adalah kandang yang dapat memberikan kenyamanan bagi ayam, mudah dalam tata laksana, dapat memberikan produksi yang optimal, memenuhi persyaratan kesehatan dan bahan kandang mudah didapat serta murah harganya. Bangunan kandang yang baik adalah bangunan yang memenuhi persyaratan teknis, sehingga kandang tersebut biasa berfungsi untuk melindungi ternak terhadap lingkungan yang merugikan, mempermudah tata laksan, menghemat tempat, menghindarkan gangguan binatang buas, dan menghindarkan ayam kontak langsung dengan ternak unggas lain .


Kandang serta peralatan yang ada di dalamnya merupakan sarana pokok untuk terselenggarakannya pemeliharaan ayam secara intensive, berdaya guna dan berhasil guna. Ayam akan terus menerus berada di dalam kandang, oleh karena itu kandang harus dirancang dan ditata agar menyenangkan dan memberikankebutuhan hidup yang sesuai bagi ayam-ayam yang berada di dalamnya. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam hal ini adalah pemilihan tempat atau lokasi untuk mendirikan kandang serta konstruksi atau bentuk kandang itu sendiri. Kandang merupakan modal tetap (investasi) yang cukup besar nilainya, maka sedapat mungkin semenjak awal dihindarkan kesalahan-kesalahan dalam pembangunannya, apabila keliru akibatnya akan menimbulkan problema-problema terus menerus sedangkan perbaikan tambal sulam tidak banyak membantu .

A.    Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah diharapkan mahasiswa dapat :
1.      Mengetahui persyaratan kandang postal yang baik untuk ayam pedaging
( broiler ), dan
2.      Mengetahui peralatan yang sesuai untuk kandang postal dengan kapasitas ayam 20.000 ekor.



















II.                ISI

Kandang sangat penting bagi  kehidupan ternak yang kita pelihara manfaatnya. Kandang sebagai tempat beraktifitasnya ayam potong sekaligus sebagai tempat pertumbuhan ayam sehingga  Kandang yang nyaman sangat menentukan keberhasilan usaha budidaya ayam potong.


A. Syarat Pembuatan Kandang  Postal

1. Pemilihan Lokasi
Untuk memilih lokasi usaha peternakan ayam potong yang ideal, maka peternak dianjurkan untuk membuat kandang pada tempat yang memenuhi kualifikasi sebagai berikut:

 Letak
Lokasi kandang ayam jauh dari perumahan penduduk  agar tidak terlibat konflik dengan penduduk akibat  polusi, bau, dan debu ayam potong . Disamping itu dapat mencegah kontaminasi berbagai penyakit yang dibawa oleh manusia, maupun binatang ternak lain seperti kambing, kerbau, sapi,anjing, angsa, dan bebek.

2. Sumber air
Pilihlah lokasi yang memiliki sumber air cukup untuk memenuhi kebutuhan peternakan, apalagi di musim kemarau. Air adalah kebutuhan wajib bagi ayam potong. konsumsi jumlah air bergantung pada jenis ayam, jenis kelamin, bobot badan, cuaca dan umur.




3. Sirkulasi udara
Kandang ayam dituntut memiliki sirkulasi udara yang cukup dan bersih. Tidak lembab, dan gelap.Hal ini dapat diupayakan jika kandang ayam letaknya lebih tinggi dari lahan sekelilingnya. Jauh dari pohon- pohon besar yang rimbun dan menghalangi matahari.

4. Mempunyai akses Jalan, jaringan listrik, telepon dan intenet
Mudahnya transportasi memudahkan segala bentuk aktivitas yang berhubungan dengan pengiriman DOC (bibit ayam), pakan, panen ayam, dan pemasaran hasil peternakan. jaringan listrik mempunyai fungsi untuk menjalankan pemanas, pompa air, peralatan kantor, dan kandang ayam. Telepon dan internet memudahkan komunikasi untuk memperluas jaringan.

5. Lingkungan Masyarakat
Izin lingkungan masyarakat untuk mendirikan kandang sangatlah penting sebagai awal dibangunnya kandang ayam potong.

6. Keamanan
Keamanan sangat penting karena menyangkut ternak yang dibudidayakan.


B. Bahan Pembuat Kandang
Kandang harus dibuat dari bahan yang kuat, tahan lama, namun sebisa mungkin tetap menggunakan bahan yang harganya relatif murah. Untuk bagian tiangnya bisa memakai balok kayu seperti kayu gelugu (batang pohon kelapa). Untuk penyangga atapnya bisa dari bilah bambu atau lembaran kayu. Sedangkan untuk dindingnya bisa memakai anyaman bilah bambu atau kawat kasa. Untuk sekat-sekat kandangnya bisa memakai bilah bambu, lembaran seng, atau lembaran triplek.



C. Atap  Kandang
Atap kandang sebaiknya mempergunakan bahan-bahan yang tidak menghantarkan panas seperti genting, rumbia, ataupun anyaman daun kelapa. Paling disarankan adalah memakai atap dari genting karena tidak mudah bocor, tahan lama, daya refleksi terhadap panas matahari cukup bagus, dan tidak menjadi sarang tikus sebagaimana bila menggunakan atap dari daun kelapa. Namun, bila menggunakan atap dari bahan yang bisa menghantarkan panas seperti seng, maka di bawahnya dilapisi dengan bahan-bahan yang bisa menyerap panas seperti bambu atau kayu.

Atap ditata dengan kemiringan tertentu agar suhu kandang tidak terlalu panas. Selain itu, bentuk atap bisa dibuat ganda dengan lubang angin yang disebut dengan sistem monitor dengan tujuan agar pertukaran udara di dalam kandang lebih terjaga. Namun, bisa juga dengan memakai sistem atap tunggal dengan lubang udara yang disebut sistem semi
monitor.

D. Dinding Kandang
Konstruksi kandang postal dengan dinding dari belahan-belahan bambu ataupun dibuat dinding tembok dengan vertilasi udara yang cukup ditujukan untuk sistem pemeliharan secara intensif.

E. Tinggi Kandang
Tinggi kandang menyesuaikan dengan besar dan luasnya kandang. Namun sebagai perbandingan, untuk iklim tropis seperti di Indonesia, kandang ayam broiler dibuat dengan ketinggian dari lantai hingga atap teratas sekitar 6-7 meter, dan dari lantai hingga atap terendah sekitar 3,5 hingga 4 meter.

F. Luas dan Kapasitas Kandang
Luas kandang yang akan dibangun akan menentukan kapasitas jumlah ayam yang bisa dipelihara. Untuk itu, luas kandang yang akan dibangun haruslah disesuaikan dengan rencana jumlah produksi atau jumlah ayam yang akan dipelihara. Tentu saja, semakain besar daya tampungnya akan semakin besar beban operasional maupun penanganannya. Sebagai perbandingan, luas ruangan atau tingkat kepadatan untuk pemeliharaan ayam broiler di iklim tropis seperti di Indonesia setidaknya 10 ekor/m².  Tingkat kepadatan ini didasarkan pada ayam broiler periode finisher (umur diatas 4 minggu).

Sehingga apabila pemeliharaan broiler sebanyak 20.000 ekor, maka luas kandang yang diperlukan adalah 2.000 m².

G. Ventilasi dan Temperatur Kandang
Broiler akan tumbuh baik dan optimal bila diternakkan pada temperatur lingkungan optimal bila diternakkan padsa temperatur lingkungan 19-21°C. Karena rata-rata suhu di Indonesia terbilang tinggi, maka  broiler menjadi terlalu banyak minum, namun nafsu makannya berkurang, di mana hal tersebut jelas tidak baik bagi ayam. Untuk itu, ventilasi dan temperatus kandang harus diatur sedemikian rupa agar pertukaran udara bagus dan ayam tidak merasa gerah atau sumpek di dalam kandang. Lubang-lubang ventilasi dibuat pada semua sisi dinding kandang, bisa dengan mempergunakan bilah-bilah bambu atau dengan menggunakan kawat ram.
                                                                                                 

H. Arah Kandang
Sangat disarankan bila sisi konstruksi kandang selalu dibuat membujur ke arah utara dan selatan, dimana bagian atapnya menghadap timur dan barat supaya bisa terkena sinar matahari, terutama saat pagi hari. Tujuannya adalah agar kandang tidak lembab dan tidak pengap akibat sifat dan cara minum ayam. Selaiin itu, agar pertukaran udara cukup terjaga sehingga bisa mengurangi bau kotoran dan bau pakan ayam yang memang cukup tajam. Sinar matahari terutama saat pagi hari juga sangat berguna bagi ayam karena tidak terlalu panas, dan banyak mengandung sinar ultraviolet. Sinar matahari ini baik untuk membantu proses pembentukan vitamin D, sebagai disinfektan, dan mempercepat pengeringan kandang sehabis dibersihkan dengan air.



I. Lantai Kandang
Biasanya kandang postal menggunakan system litter dengan lantai yang ditaburi sekam, serbuk gergaji maupun limbah jerami padi.

J. Peralatan Kandang Postal untuk 20.000 ekor
Peralatan ayam pedaging demi tercapainya target budidaya ayam pedaging diantaranya yaitu:

Jenis
Umur (hari)
Perbuah Untuk (ekor)
Untuk 20.000 ekor

Feeder Tray (Nampan)
0 – 3
80
250
4 – 7
60
334
8 – 10
40
500
Tempat pakan gantung 5 kg
11 – 15
30 – 35
572
16 - panen
20 - 15
1000
Tempat pakan gantung 10 kg
11 – 15
35 – 40
500
16 - panen
30 - 35
572

Tempat Minum Otomatis
0 – 10
100 – 120
167
11 - panen
60 - 80
250
Tempat Minum Manual
0 – 10
60 – 80
250
11 - panen
30 - 35
572


Jenis Pemanas
Jumlah DOC
(Musim Dingin)
Kapasitas 20.000 ekor
(Musim Dingin)
Jumlah DOC
(Musim Panas)
Kapasitas 20.000 ekor
(Musim Panas)
Pemanas Gas
700 – 800
25
600 – 700
29
Batubara
600 – 700
29
500 – 600
33
Drum(Kayu)
700 - 800
25
600 - 700
29


·         DOC yang baru datang menggunakan chick guard dengan ketinggian 40-50 cm, terbuat dari seng, kayu, atau bambu (berbentuk jeruji atau anyaman) dengan  Kapasitas satu chick guard untuk 500-750 eko, sehingga untuk pemeliharaan 20.000 ekor memerlukan  34 chick guard. Dan diberikan pemanas dengan ketinggian 1.25 meter.
·         Intensitas cahaya minimal 20 lux, kurang lebih setara dengan 10 watt SL/TL atau  60 watt lampu pijar per chick guard pada ketinggian 170 cm.

K. Kelebihan dan kekurangan dari kandaang postal

1. Kelebihan kandang postal adalah :
1. Menghemat tenaga dan biaya
2. Tata laksana pemelliharaan lebih mudah
3. Ayam mendapat vitamin b12
4. Shu kandang dapat lebih merata

2.      Kekurangan kandang postal ;
1.      Penyebaran penyakit lebih cepat, karena adanya kontak langsung dengan kotoran ayam
2.      Sering timbul kanibalisme
3.      Bila litter dalam keadaan lembab akan menjadi tempat yang baik bagi mikroorganisme
4.      Pengawasan kesehatan lewat kotoran sulit diamati

III.             KESIMPULAN

Kesimpulan dari penjelasan diatas adalah sebagai berikut :
1.      Kandang postal yang baik harus terletak di loksi yang tepat dengan lingkungan yang sehat dan sesuai dengan ketentuan kandang yang baik.

2.      Peralatan yang digunakan pada kandang postal dengan kapasitas 20.000ekor harus memenuhi standar kebutuhan agar pertumbuhan DOC dapat maksimal.

Comments

Popular posts from this blog

KANDUNGAN NUTRISI BAHAN PAKAN UNGGAS

PENGOLAHAN HASIL IKUTAN TERNAK

PROSES PEMBUATAN SUSU KENTAL MANIS