ANATOMI DAN FUNGSI ORGAN REPRODUKSI MAMALIA BETINA


BAB IV

ANATOMI DAN FUNGSI
ORGAN REPRODUKSI MAMALIA BETINA

4.1. Pendahuluan

4.1.1  Deskripsi
            Dalam bab ini akan dibahas anatomi dan fungsi dari ovarium, oviduk (tuba fallopii), uterus, serviks, vagina, dan vulva.

4.1.2  Relevansi
            Bab ini merupakan dasar dan modal utama untuk dapat mengikuti materi Dasar Reproduksi. Termasuk dalam hal ini sebagai dasar mengikuti mata kuliah Ilmu Reproduksi dan Inseminasi Buatan. Sistem reproduksi hewan betina terdiri dari ovarium, oviduk (tuba fallopii), uterus, serviks, vagina, dan vulva. Proses reproduksi yang terjadi selalu melibatkan organ-organ reproduksi dengan pengaruh hormon-hormon reproduksi yang akan dibahas pada Bab berikutnya.

4.1.3  Tujuan instruksional khusus
Setelah mempelajari bab ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1). menyebutkan komponen organ reproduksi mamalia betina;
2). menjelaskan fungsi organ-organ reproduksi mamalia betina.

4.2 Komponen Organ Reproduksi Mamalia Betina
            Hewan mamalia betina memiliki organ reproduksi primer dan sekunder. Organ reproduksi primer yaitu ovarium. Ovarium menghasilkan ova (sel telur) dan hormon-hormon kelamin betina. Organ reproduksi sekunder atau saluran reproduksi terdiri dari oviduk, uterus, serviks, vagina, dan vulva. Fungsi organ-organ reproduksi sekunder menerima, menyalurkan, dan menyatukan sel-sel kelamin jantan dan betina; memberi lingkungan; memberi makan; melahirkan individu baru. Alat-alat kelamin dalam digantung oleh ligamentum lata. Ligamentum ini terdiri dari mesovarium (penggantung ovarium), mesosalpink (penggantung oviduk), dan mesometrium (penggantung uterus).

Gamabar 6.  Alat reproduksi sapi betina

4.2.1  Ovarium
Berbeda dengan testis, ovarium tertinggal di dalam cavum abdiminalis. Ia mempunyai dwi fungsi, sebagai organ eksokrin yang menghasilkan sel telur (ova) dan sebagai organ endokrin yang mensekresikan hormon kelamin betina (estrogen dan progesteron). Pada sapi dan domba, ovarium berbentuk oval, namun pada kuda berbentuk seperti ginjal karena ada fossa ovulatorus yakni suatu legokan pada pinggir ovarium. Pada babi, ovarium berupa gumpalan anggur, folikel-folikel dan corpora lutea menutupi jaringan-jaringan ovarial di bawahnya. Pada sapi, ovarium bervariasi dalam ukuran panjang, lebar, dan tebal. Umumnya ovarium kanan lebih besar daripada ovarium kiri, karena secara fisiologik lebih aktif.
            Folikel-folikel pada ovarium mencapai kematangan melalui tingkatan perkembangan yaitu folikel primer, folikel sekunder, folikel tersier (folikel yang sedang tumbuh), dan folikel de Graaf (folikel matang). Folikel primer terdiri dari satu “bakal sel telur” yang pada fase ini disebut oogonium dan selapis sel folikuler kecil. Folikel sekunder berkembang ke arah pusat stroma korteks sewaktu kelompok sel-sel folikuler. Yang memperbanyak diri membentuk suatu lapisan multi seluler sekeliling vitellus. Pada stadium ini terbentuk suatu membran antara oogonium dan sel-sel folikuler, disebut zona pellucida.
            Folikel tersier timbul sewaktu sel-sel pada lapisan folikuler memisahkan diri untuk membentuk lapisan dan sutu rongga (antrum), ke arah oogonium akan menonjol. Antrum dibatasi oleh banyak lapisan sel folikuler yang dikenal secara umum sebagai membrana granulose dan diisi oleh suatu cairan jernih Liquor foliculi yang kaya akan protein dan estrogen.
            Folikel de Graaf adalah folikel matang yang menonjol melalui korteks ke permukaan ovarium bagaikan suatu lepuh. Pertumbuhannya meliputi dua lapis sel stroma korteks yang mengelilingi sel-sel folikuler. Lapisan sel-sel tersebut membentuk theca folliculi yang dapat dibagi atas theca interna yang vascular dan theca externa yang fibrous.






Gambar 7.  Diagram ovarium mamalia
Keterangan :
Tingkatan-tingkatan perkembangan dan diferensiasi folikel tercantum disebelah atas kiri ke kanan. Folikel yang matang dapat menjadi atresis (kanan bawah) atau berovulasi dan membentuk korpus luteum (kiri bawah). G.e. germinal epithelium (epitel kecambah); T.a. Tunica albugenia; P.f. folikel primer; S.f. folikel sekunder; T.f. folikel tersier; G.f. folikel de Graaf; C.a. korpus albicans; A.f. folikel atresis; I.c. sel-sel interstitial; H. hilus; C.l. korpus luteum
4.2.2 Oviduk
Oviduk atau tuba fallopii merupakan saluran kelamin paling anterior, kecil berliku-liku, dan terasa keras seperti kawat terutama pada pangkalnya. Pada sapi dan kuda, panjang oviduk mencapai 20--30 cm dengan diameter 1,5--3 mm. oviduk tergantung pada mesosalpink. Ia dapat dibagi atas infundibulum dengan fimbriae-nya, ampula, dan isthmus.
            Ujung oviduk dekat ovarium membentang ternganga membentuk suatu struktur berupa corong (infundibulum). Muara infundibulum (ostium abdominale) dikelilingi oleh penonjolan-penonjolan ireguler pada tepi ujung oviduk (fimbriae). Pada saat ovulasi, pembuluh-pembuluh darah pada fimbriae penuh berisi darah yang mengakibatkan pembesaran dan penegangan fimbriae. Penegangan ini diiringi oleh kontraksi otot-otot menyebabkan ostium tuba fallopii mendekati permukaan ovarium untuk menerima ovum matang yang akan dilepaskan.
            Ampula tuba fallopii merupakan setengah dari panjang tuba dan bersambung dengan daerah tuba yang sempit, isthmus. Pada saat ovulasi, ovum disapu ke dalam ujung oviduk yang berfimbrial. Kapasitas sperma, fertilisasi, dan pembelahan embrio terjadi di dalam tuba fallopii. Cairan luminal tuba fallopii merupakan lingkungan yang baik untuk terjadinya fertilisasi dan permulaan perkembangan embrional. Cairan dihasilkan oleh lapisan epitel tuba karena pengaruh hormon ovarial. Pertemuan utero-tubal mengatur pengangkutan sperma dari uterus ke tuba fallopii dan transpor embrio dari tuba ke dalam uterus.

4.2.3  Uterus
Uterus terdiri dari kornu, korpus, dan serviks. Proporsi relatif masing-masing bagian berbeda-beda antar spesies. Uterus babi tergolong bicornis  dengan kornu yang sangat panjang tetapi korpusnya sangat pendek. Uterus sapi, domba, dan kuda kedua kornu dan korpus uteri yang cukup panjang (paling besar pada kuda).
            Dari segi fisiologik, hanya dua lapisan uterus yang dikenal yaitu endometrium dan miometrium. Endometrium adalah suatu struktur glanduler yang terdiri dari lapisan epitel yang membatasi rongga uterus, lapisan glanduler, dan jaringan ikat. Miometrium merupakan bagian muskuler dinding uterus yang terdiri dari dua lapis otot polos, selapis dalam otot sirkuler, dan selapis luar otot longitudinal yang tipis.
            Permukaan dalam uterus ruminansia mengandung penonjolan-penonjolan seperti cendawan dan tidak berkelenjar, disebut caruncula. Uterus sapi memiliki 70--120 caruncula yang berdiameter 10 cm dan terlihat seperti spon karena banyak lubang-lubang kecil (crypta) yang menerima villi chorionok placental. Villi-villi chorion hanya berkembang pada daerah tertentu pada selubung faetus (cotyledon) yang memasuki caruncula. Cotyledon dan caruncula bersama-sama disebut placentoma. Uterus kuda dan babi tidak mempunyai caruncula.

Gambar 8.  Tipe-tipe uterus pada mamalia
Keterangan:
o. ovarium; t. tuba fallopii; h. kornu uteri; u. korpus uteri; c. serviks; v. vagina

Uterus mempunyai fungsi-fungsi yang penting untuk perkembangbiakan ternak. Pada waktu perkawinan, kontraksi uterus mempermudah pengangkutan sperma ke tuba fallopii. Sebelum implantasi, uterus mengandung cairan yang merupakan medium bersifat suspensi bagi blastocyt, sesudah implantasi uterus merupakan tempat pembentukan plasenta dan perkembangan fetus.
            Fungsi lain uterus adalah adanya hubungan kerja secara timbal balik dengan ovarium. Adanya korpus luteum akan merangsang uterus menghasilkan PGF2α yang berfungsi untuk regresi korpus luteum secara normal. Stimulasi uterus selama fase permulaan siklus birahi mempercepat regresi korpus luteum dan menyebabkan estrus dipercepat.
4.2.4  Serviks
            Serviks adalah suatu struktur berupa sphincter yang menonjol ke kaudal ke dalam vagina. Serviks dikenal dari dindingnya yang tebal dan lumen yang merapat. Dindingnya ditandai dengan berbagai penonjolan.
            Pada ruminansia penonjolan-penojolan ini terdapat dalam bentuk lereng-lereng transversal dan saling menyilang disebut cincin-cincin annuler. Cincin-cincin ini sangat nyata pada sapi (biasanya 4 buah) yang dapat menutup rapat serviks. Pada babi, cincin-cincin tersebut tersusun dalam bentuk sekrup pembuka botol yang disesuaikan dengan perputaran spiralis ujung penis babi jantan. Pada kuda, rongganya lurus dengan lipatan memanjang berbentuk seperti corong sehingga mudah didilatasi secara manual.
            Serviks berfungsi untuk mencegah masuknya mikroorganisme atau benda-benda asing ke lumen uterus. Pada saat estrus, serviks akan terbuka sehingga memungkinkan sperma memasuki uterus sehingga terjadi pembuahan serta menghasilkan cairan mucus yang keluar melalui vagina. Pada saat hewan bunting, serviks menghasilkan sejumlah besar mucus tebal yang dapat menutup atau menyumbat mati canalis servicalis sehingga mencegah masuknya materi infeksius ke dalam uterus serta mencegah fetus keluar. Sesaat sebelum partus, penyumbat serviks mencair dan serviks mengalami dilatasi sehingga terbuka dan memungkinkan fetus beserta selaputnya dapat keluar.

3.2.5  Vagina
Vagina adalah organ kelamin betina dengan struktur selubung muskuler yang terletak di dalam rongga pelvis, dorsal dari vesica urinaria, dan berfungsi sebagai alat kopulatoris (tempat deposisi semen dan menerima penis), serta sebagai tempat berlalu bagi fetus sewaktu partus. Legokan yang dibentuk oleh penonjolan serviks ke dalam vagina disebut fornix. Himen adalah suatu konstriksi sirkuler antara vagina dan vulva. Himen dapat menetap dalam berbagai derajat pada semua spesies dari suatu pita sentral tipis dan vertikal sampai suatu struktur yang sama sekali tidak tembus (himen imperforata).
            Vagina sapi mempunyai panjang 25,0--30,0 cm dan pada domba 7,5--10,0 cm. pada keduanya ditemukan sisa-sisa saluran Wolfii. Pada kuda, panjangnya 20,0--35,0 cm dan pada babi 7,5--11,5 cm; sisa-sisa saluran Wolfii jarang ditemukan.

4.2.6  Alat kelamin luar
            Alat kelamin luar terbagi atas vestibulum dan vulva. Vulva terdiri dari labia majora, labia minora, commisura dorsalis dan ventralis, serta klitoris. Pertemuan antara vagina dan vestibulum ditandai oleh muara uretra eksterna (orificium urethrae externa). Pada sapi dan babi terdapat kantong buntu disebut diverticulum suburethrae yang terletak pada bagian bawah dari permuaraan uretra. Selama proses partus berlangsung, vestibulum berfungsi untuk tumpuan pertautan bagi seluruh saluran kelamin yang berkontraksi sewaktu mengeluarkan fetus.


Gambar 9.  Organ kelamin luar hewan betina
Keterangan:
Ce. Serviks; V. vagina; B. vesica urinaria; H. hymen; U. bukaan uretrae eksternal; L. labia;  C. klitoris

            Labia atau bibir vulva secara normal selalu dekat berdampingan, tidak menganga, dan lubang vulva terletak tegak lurus terhadap lantai pelvis. Labia minora adalah bibir yang lebih kecil dengan jaringan ikat di dalamnya dan mengandung kelenjar Sebaceous. Antara celah vulva dan anus terdapat perineum yaitu kulit yang terdiri dari jaringan ikatdan urat daging yang dapat sobek bila melahirkan anak yang terlalu besar.
Commisura ventralis menutupi klitoris, suatu struktur yang homolog dan mempunyai asal embriologik yang sama dengan penis. Klitoris terdiri dari jaringan erektil yang diselubungi oleh epithel squamous bersusun dan mengandung cukup banyak ujung-ujung syaraf sensoris.

4.3  Ringkasan
            Hewan mamali betina memiliki organ reproduksi primer dan sekunder. Organ reproduksi primer yaitu ovarium, sedangkan organ reproduksi sekunder atau saluran reproduksi terdiri dari oviduk, uterus, serviks, vagina, dan vulva. Ovarium tertinggal di dalam cavum abdominalis. Ia mempunyai dwi fungsi, sebagai organ eksokrin yang menghasilkan sel telur (ova) dan sebagai organ endokrin yang mensekresikan hormon kelamin betina (estrogen dan progesteron).
            Uterus terdiri dari kornu, korpus, dan serviks. Uterus mempunyai fungsi-fungsi yang punting untuk perkembangbiakan ternak, yaitu mempermudah pengangkutan sperma ke tuba fallopii, menghasilkan cairan yang merupakan medium yang bersifat suspensi bagi blastocyt, tempat pembentukan placenta dan perkembangan fetus. Fungsi lain uterus adalah adanya hubungan kerja secara timbal balik dengan ovarium yaitu menghasilkan PGF2α yang berfungsi untuk regresi korpus luteum secara normal.
            Serviks adalah suatu struktur berupa sphincter yang menonjol ke kaudal ke dalam vagina. Serviks berfungsi untuk mencegah masuknya mikroorganisme atau benda-benda asing ke lumen uterus, memungkinkan sperma memasuki uterus sehingga terjadi pembuahan, menghasilkan cairan mucus yang keluar melalui vagina, mencegah fetus keluar, dan memungkinkan fetus beserta selaputnya dapat keluar.
            Vagina adalah organ kelami betina dengan struktur selubung muskuler yang terletak di dalam rongga pelvis, dorsal dari vesica urinaria, dan berfungsi sebagai alat kopulatoris (tempat deposisi semen dan menerima penis), serta sebagai tempat berlalu bagi fetus sewaktu partus. Alat kelamin luar terbagi atas vestibulum dan vulva. Vulva terdiri dari labia majora, labia minora, commisura dorsalis dan ventralis, serta klitoris.


4.4  Latihan
1. Sebutkan komponen organ reproduksi mamalia betina!
2. Jelaskan fungsi oviduk
3. Sebutkan tipe uterus pada hewan, jelaskan, dan beri contoh!
4. Jelaskan perkembangan folikel-folikel yang ada pada ovarium!

4.5  Daftar Pustaka
Frandsond, R.D. 1996. Anatomi dan Fisiologi Ternak. Edisi Keempat. Penerjemah B. Srigandono dan K. Praseno. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Hafez, E.S.E. 1993. Reproduction in Farm Animals. Sixth Ed. Lea and Febiger. Philadelphia

Salisbury, G.W. dan N.L. Vandemark. 1985. Fisiologi Reproduksi dan Inseminasi Buatan pada Sapi. Diterjemahkan oleh R. Djanuar. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Sorensen, A.M. 1975. Animal Reproduction: Principles and Practices. McGraw Hill Book Company. New York

Toelihere, M.R. 1995. Fisiologi Reproduksi pada Ternak. Angkasa. Bandung

Comments

Popular posts from this blog

KANDUNGAN NUTRISI BAHAN PAKAN UNGGAS

PENGOLAHAN HASIL IKUTAN TERNAK

PROSES PEMBUATAN SUSU KENTAL MANIS