RESIDU ANTIBIOTIK DALAM KOLOSTRUM

 

Kolostrum & Antibiotik Pengujian Sapi Dry

Kolostrum sering dianggap sebagai “makanan yang sempurna” untuk Pedet yang baru lahir. Tidak diragukan lagi bahwa kolostrum mengandung imunoglobulin untuk Pedet melindungi dari penyakit di lingkungan serta protein, hormon, lemak, vitamin dan mineral yang diperlukan  Pedet yang baru lahir untuk membangun homeostasis dan tumbuh. Kolostrum adalah protein hewani, yang harus ditangani dan diproses dengan baik untuk meminimalkan resiko kontaminasi, termasuk kontaminasi mikrobiologi, residu antibiotik, dan keberadaanproduk eksogen (lalat, pupuk kandang, dll). Sebuah artikel terbaru di Journal of Dairy Science oleh Dr Sheila Andrew dari University of Connecticut (Journal of Dairy Science, 2001, 84)

Kolostrum dan susu transisi diperoleh dari sapi dan diuji untuk keberadaan patogen mastitis, komposisi (termasuk IgG) dan untuk menguji keberadaan antibiotik menggunakan beberapa tes skrining.  Hasil komposisi kolostrum sampel selama penelitian ditunjukkan pada tabel 1. Jumlah lemak dan protein jauh lebih tinggi pada susu kolostrum daripada dalam susu yang normal. Kandungan lemak dan protein pada kolostrum  berfungsi sebagai sumber nutrisi bagi Pedet.

Variabel
Mean
SD
Min.
Max.
Lemak,%
6.0
1.4
3.6
8.1
Protein,%
5.8
2.0
3,5
10.3
SCC *
2,46
2.24
0,31
8,06
SCS **
6.9
1,6
4.6
9.3
IgG, g / L
32.1
21.0
11,7
72,1
IgM, g / L
4.0
1.8
1.8
7,9






Tabel 1. Komposisi dari kolostrum dari sapi Sumber: Andrew, 2001, J. Dairy Sci. 84: 100-106.
* Jumlah sel somatik, juta sel / ml

** skor sel somatik.


Jumlah sel somatik dari kolostrum akan lebih tinggi daripada susu biasa. Jumlah sel somatik (SCC) adalah 2,46 juta/ml.  Ini jauh lebih tinggi dari yang diperbolehkan dalam susu normal. Tentu saja, ini karena kolostrum berisi sejumlah besar sel kekebalan tambahan untuk Pedet. Oleh karena itu, SCC tinggi seharusnya tidak dianggap masalah pada kolostrum. Di sisi lain, jika SCC yang meningkat karena infeksi intramammary, maka SCC adalah masalah. Sayangnya, itu tidak mudah untuk ditentukan perbedaan antara SCC meningkat karena mastitis (yang tidak sehat untuk Pedet) dan SCC tinggi yang “normal”. Hal ini penting untuk tidak memberikan kolostrum  dari sapi yang ternyata terinfeksi (adanya darah, serpih, rumpun).

Konsentrasi IgG rata-rata adalah 32,1 g / L. Hal ini sangat menarik, karena dapat disimpulkan bahwa ada kebutuhan untuk pedet menerima setidaknya 150 sampai 200 gram IgG dalam 24 jam pertama atau 100 gram IgG dalam pemberian kolostrum pertama. Jika kita menerapkan aturan ini, maka Pedet harus mengkonsumsi antara 4,7 dan 6,2 liter kolostrum dalam 24 jam pertama dan 3,1 liter dalam pemberia pertama. Mungkin sangat sulit bagi Pedet untuk secara sukarela mengkonsumsi kolostrum sebanyak ini.

Tes skrining antibiotik (Charm Cowside, CITE Snap, Delvotest SP, Penzyme) memberikan beberapa tes positif palsu ketika kolostrum diuji.  Kekhususan dari tes skrining berkisar 0,16-0,88 (FDA mengharuskan tes harus memiliki kekhususan 0,9 atau lebih besar). Tampaknya bahwa tes memberikan hasil positif palsu karena perbedaan dalam komposisi antara kolostrum dan susu. Hal ini penting untuk dicatat bahwa penelitian tidak menggunakan kolostrum atau susu transisi dari sapi yang memiliki tanda-tanda klinis mastitis.  Dr Andrew menyimpulkan bahwa “skrining untuk residu antibiotik dalam susu dari sapi baru melahirkan seharusnya tidak dilakukan sebelum pemerahan keenam setelah kelahiran”.

Kesimpulan dari penelitian ini memiliki implikasi penting.  Jika Anda tidak yakin bahwa kolostrum  dapat mengandung residu antibiotik - terutama jika sapi itu diobati dengan antibiotik selama periode kering dan periode kering lebih pendek dari biasanya.  Anda harus mempertimbangkan tidak menggunakan kolostrum itu. Keberadaan residu antibiotik dapat menjadi masalah bagi industri. Jika Pedet diberi makan kolostrum terkontaminasi dengan antibiotik akan ada risiko yang sangat nyata dari residu antibiotik. Selain itu, penggunaan residu skrining antibiotik tes akan memberikan hasil positif palsu dalam banyak kasus. Oleh karena itu, pengujian kolostrum dan susu transisi harus dibatasi sampai setelah pemerahan keenam.
 

Comments

Popular posts from this blog

KANDUNGAN NUTRISI BAHAN PAKAN UNGGAS

PENGOLAHAN HASIL IKUTAN TERNAK

PROSES PEMBUATAN SUSU KENTAL MANIS